Selasa, 17 Oktober 2017

Tempat PKL Jurusan TKJ di Yogyakarta

Tags

Tempat PKL Jurusan TKJ di Yogyakarta

Bagi Anda siswa SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan, kegiatan PKL atau Prakerind pasti sudah tidak asing lagi di telinga adik-adik. Ya, kegiatan yang dilakukan selama 3-6 bulan ini adalah kegiatan wajib siswa SMK untuk memenuhi persayaratan diantaranya adalah syarat untuk lulus di akhir masa pembelajaran nanti. Kegiatan PKL atau Prakerind ini sangat berguna karena kita akan diberikan dasar ilmu yang bisa di aplikasikan atau di manfaatkan setelah Anda lulus nanti untuk bekerja di sebuah industri maupun membuka usaha sendiri.

Saat menjalani kegiatan PKL, Anda harus memanfaatkan dengan optimal jika ingin memeporleh ilmu yang sangat bermanfaat yang diberikan oleh pemilik atau karyawan tempat Anda PKL. Karena pada masa pkl Anda akan merasakan dunia industri yang hampir mirip dengan dunia kerja sebenarnya. Untuk itu, saat memilih tempat pkl Anda harus memilih tempat yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan asal pilih. Karena pemilihan tempat pkl adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil akhir PKL Anda.

Anda jangan terlalu takut dengan PKL, maksud menjalani dunia kerja yang sebenarnya adalah Anda akan diberikan tugas atau pengalaman yang mirip dengan dunia kerja sesungguhnya. Tapi, saat kita PKL tidak akan dilepas begitu saja oleh pemilik tempat pkl, pasti setiap kegiatan yang Anda lakukan akan di pantau karena biasanya anak pkl belum memiliki keterampilan yang sudah baik atau mahir. Tetapi banyak juga anak PKL yang sudah mahir karena saat praktek di sekolah melakukan dengan baik.

Sedikit cerita, kegiatan PKL adalah kegiatan yang sangat menyenangkan menurut saya. Karena saat pkl saya mendapat teman baru satu jurusan yaitu teknik komputer jaringan dari sekolah lain, saya bisa bertukar materi karena belum semua materi diajarkan oleh guru saya begitu juga sebaliknya. Saat pkl saya dibagi 2 shift karena kebanyakan anak tetapi ruangan yang disediakan tidak mencukupi. Walaupun saat pertama masih malu dan takut untuk meminta tugas tetapi lama-kelamaan saya menikmati dengan santai.

Oh iya, saat pkl Anda diharuskan aktif bersosialisasi dengan pemilik atau pembimbing di tempat Anda pkl. Saat nganggur misalnya, Anda bisa meminta tugas apa yang bisa dikerjakan atu hal lain. Karena hal ini mempengaruhi nilai di buku laporan akhir masa prakerin.

Untuk pemilihan tempat pkl biasanya dari pihak sekolah akan memberi rekomendasi tempat pkl yang pernah dimasuki oleh kakak kelas Anda. Tetapi, jika Anda mau mencari sendiri juga lebih baik. Karena Anda bisa mencari yang sesuai dengan keinginan Anda. Juga bisa melakukan pemantauan ke tempat dahulu.

Tempat PKL jurusan TKJ Yogyakarta

Sebelum memilih tempat pkl, silahkan baca tips-tips berikut ini.

*. Mencari tempat yang sesuai dengan keinginan.
Tips pertama ini juga berpengaruh dalam hasil akhir pkl. Anda jangan melaksanakan pkl di tempat yang menurut Anda tidak nyaman atau karena paksaan orang lain, karena jika melakukan sesuatu yang sesuai keinginan akan lebih mudah dalam mengerjakannya.

*. Jangan terpengaruh teman.

Biasanya Anda akan diajak teman yang satu jurusan dengan Anda untuk melakukan pkl di tempat yang sama. Agar tempat pkl juga sesuai dengan keinginan Anda, sebelum mencari tempat lebih baik berdiskusi tentang tempat pkl yang diinginkan, jadi Anda akan melaksanakan pkl dengan nyaman dan mendapat hasil akhir setelah prakerind selesai.

Nah langsung saja berikut adalah tempat prakerind jurusan Teknik Komputer Jaringan di Yogyakarta.

Tempat Prakerind Jurusan Teknik Komputer Jaringan di Yogyakarta

1.SIC ( Source of Inspiration Club )

SIC adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komputer, desegraf, dan animasi flash. Jam kerja SIC adalah Hari Senin sampai dengan Sabtu dari jam 09.00 pagi sampai 21.00, pada hari minggu SIC libur.

SIC memberikan pelatihan gratis selama 1 minggu bagi siswa PKL sebelum masuk di perusahaan untuk melakukan PKL.

Berikut detail ringkasnya.

Teknik Komputer dan Jaringan:

*. Pelatihan perakitan komputer.

*. Pelatihan setup BIOS.

*. Pelatihan instalsi sistem operasi.

*. PeLatihan pengenalan membuat dan membasmi virus.

*. Pelatihan optimasi dan perawatan PC maupun laptop.

*. Pelatihan service PC atau Laptop.

*. Pelatihan instalasi jaringan warnet.

*. Dan masih banyak lagi.

Teknik Multimedia:

*. Pelatihan pembuatan animasi kartun.

*. Pelatihan editing video dan audio.

*. Pelatihan desain grafis.

*. Dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik di SIC silahkan datang di kantor pusat SIC berikut : Jalan Ringroad Utara, Sanggrahan RT/RW 8/10 Depok, Sleman, Yogyakarta. Atau silahkan kunjungi web SIC di www.sicpusat.com.

2.LSC ( Laptop Service Center )

LSC adalah perusahaan yang bergerak pada service laptop yang terkenal di Kota Yogyakarta. Anda bisa mendaftar di LSC jika tertarik ingin merasakan dunia service laptop. Berikut saya berikan alamat cabang-cabang LSC, silahkan Anda datang dan bertanya-tanya atau langsung mendaftar sebagai calon peserta prakerind.

LSC Cabang 1
Alamat : Jl. Palagan Tentara PELajar No.57 Yogyakarta ( Depan BRI/Utara Monumen Yogya Kembali/Selatan Hotel Hyatt ).

LSC Cabang 2

Alamat : Jl. Pintu selatan UPN Ruko Gorongan No. 1 Yogyakarta.

LSC Cabang 3

Alamat : Jl. Timoho No. 116 Yogyakarta ( Kampus UIN ke arah selatan ).

LSC Cabang 4

Alamat : Jl. Pawiro Kuwat, Condong Catur ( Depan Kampus UII ).

Jika tertarik silahkan langsung saja datang di alamat yang sudah saya sebutkan diatas

3.Boss Notebook

Boss Notebook merupakan perusahaan yang bergerak pada service laptop maupun komputer di Kota Yogyakarta. Di Boss Notebook juga menerima prakerind karena teman saya kemarin juga ada yang disana. Untuk lebih jelasnya silahkan datang langsung ke alamat Boss Notebook.

Alamat : Jalan Monumen Yogya Kembali No. 25. Perempatan Monjali ke selatan, kiri jalan dari utara sebelah Warung Ketoprak Jakarta.

Sebenarnya masih banyak sekali tempat pkl di yogyakarta seperti di JogjaTronik dan lainnnya. Namun untuk saat ini saya baru bisa membagikan rekomendasi ini.

Nama dan alamat tempat prakerind atau pkl yang sudah saya berikan diatas adalah valid, silahkan bagi adik-adik yang mau mendaftar sebagai calon peserta prakerind bisa langsung datang di salah satu perusahaan diatas.

Semoga prakerind adik-adik sukses. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon