Senin, 25 Desember 2017

FAKTA ! Aplikasi WhatsApp Membuat Memori HP Cepat Penuh

Tags

FAKTA ! Aplikasi WhatsApp Membuat Memori HP Cepat Penuh

WhatsApp belakangan ini menjadi salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan oleh para user Android. Setelah BBM memimpin selama beberapa tahun, namun belakangan BBM mengalami penurunan user secara signifikan dan beralih ke WhatsApp. Namun apakah Anda pengguna WhatsApp tahu kalau Whatsapp adalah salah satu aplikasi di Android yang membuat kapasitas penyimpanan cepat penuh? simak ulasan berikut ini.

Sama halnya dengan BBM, WhatsApp memiliki fitur untuk mengirim gambar, video, video call, rekaman suara, dan yang terbaru WhatsApp menyediakan fitur story untuk mengupload kegiatan sehari-hari kita di fitur story. Jika semisal Anda adalah pengguna WhatsApp yang sangat aktif, suka mengirim foto atau video terus menerus. Maka sudah dijamin penyimpanan Android Anda akan cepat penuh dan dapat membuat Android lemot, karena semakin sering kita dalam mengirim sebuah gambar atau video walaupun file yang telah Anda kirim sudah di hapus dari galeri album di Android Anda.

Sebagai contoh, Anda mengirim sebuah video atau foto ke salah seorang teman Anda. setelah terkirim Anda menghapus foto atau video tadi dari galeri. Maka Anda berifikir bahwa file tersebut sudah tidak ada lagi di Android karena sudah dihapus. Jika Anda menganggap hal ini benar maka salah besar.

Tahukah Anda? sebenarnya file yang pernah Anda bagikan ke teman ternyata masih tersimpan di salah satu folder di Android Anda? Hal ini yang menyebabkan aplikasi WhatsApp membuat penyimpanan Android menjadi mudah penuh. Coba Anda bayangkan, jika semisal sudah menggunakan aplikasi WhatsApp selama 2 tahun dan setiap harinya Anda mengirim banyak foto, video, dan file ke semua teman. Kira-kira ada berapa puluh ribu file yang menumpuk di memori Android? Pasti sangatlah banyak. Maka dari itu WhatsApp menyebabkan memori HP cepat penuh.
Tenang, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menghapus file yang sudah Anda bagikan ke teman di WhatsApp. Berikut adalah caranya. 

Cara Menghapus File Terkirim di WhatsApp

1. Buka file explorer atau penyimpanan berkas pada HP Anda.

2. Carilah dan klik folder bernama WhatsApp, Kalau di HP saya terletak pada Penyimpanan internal > WhatsApp.

3. Pilih folder Media.

Pada folder media, Anda akan melihat beberapa folder seperti terlihat pada gambar berikut ini.


Jika Anda akan menghapus file gambar yang pernah dikirim, klik WhatsApp Images. Lalu muncul tampilan seperti dibawah ini. 


Perhatikan pada gambar, terdapat sebuah folder bernama Sent. Nah, folder Sent inilah yang berisi banyak gambar yang pernah Anda kirim ke orang lain. Namun, Anda tidak bisa melihat gambar yang ada didalam folder Sent melalui galeri. Tetapi hanya bisa dilihat ketika Anda membuka folder tersebut. Berbeda dengan file gambar atau lainnya yang diterima dari oranglain, jika Anda menghapus file tersebut maka akan terhapus secara permanen tidak ada yang tersimpan di Android kita.

Jika Anda ingin menghapus file gambar di dalam folder Sent maka Anda bisa memilih file mana yang akan dihapus agar penyimpanan Android Anda agak longgar. Silahkan cek folder lain seperti WhatsApp Audio, WhatsApp Video dan cek juga di folder Sent.
Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai Aplikasi WhatsApp membuat memori Android kita cepat penuh. Semoga bermanfaat. Terima Kasih




EmoticonEmoticon