Minggu, 08 Januari 2017

Pengertian PPP, LCP, SLIP, HDLC pada WAN.

Tags

1. PPP ( Point to Point ), merupakan protokol pada data link layer yang dapat digunakan untuk komunikasi asynchronous serial maupun synchronous serial. PPP dapat melakukan autentikasi dan bersifat multiprotocol. protocol ini merupakan pengembangan dari protocol SLIP ( Serial Line Interface Protocol ) yaitu protocol standard yang menggunakan protokol TCP/IP.

2. LCP ( Link Control Protocol ). merupakan singkatan dari Link Control Protocol, LCP adalah satu set layanan yang digunakan untuk melaksanakan setup link dan memiliki fase berikut ini :
.) Melakukan pembentukan link terhadap router lain.
.) Menentukan kualitas link.
.) Mengontrol establishment.

3. SLIP ( Serial Link Internet Protocol ),adalah kebanyakan enkapsulasi usang dari Internet protocol yang dirancang untuk berkerja di port serial dan koneksi modem. Hal imi didokumentasikan di RFC 1055. pada komputer pribadi SLIP telah digantikan oleh point to point to point protocol (PPP). yang lebih baik penggunanya, memiliki lebih banyak fitur dan tidak perlu konfigurasi alamat IP yang harus ditetapkan sebelum dibentuk. pada mikrokontroler, bagaimanapun SLIP masih merupakan cara yang disukai encapsulasting paket IP karena overhead yang sangat kecil.

4. HDLC ( High Level Data Link Control ),adalah protokol yang digunakan pad WAN ( WIde Area Network ) yang secara luas dapat mengatasi kerugian yang ada pada protokol yang berorientasi pada karakter seperti Bi-Synch, yaitu yang hanya dapat berkerja secara half duplex ( pengiriman syarat dua arah tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan )dan penggunaa karakter DLE untuk mendapatkan transparasi pesan.

Semoga bermanfaat...

source : http://pandu21citizen.blogspot.co.id/2015/08/protokol-yang-digunakan-wan.html


EmoticonEmoticon