Jumat, 06 Oktober 2017

Tempat PKL Jurusan TKJ di Magelang

Tags

Tempat PKL Jurusan TKJ di Magelang

Kegiatan Prakerind atau biasa disebut pkl merupakan kegiatan wajib siswa smk, karena saat melanjutkan ke jenjang smk kita memang dipersiapkan agar menjadi calon tenaga kerja yang handal dan matang. Saat pkl kita akan diberi ilmu dan pembekalan yang sangat berguna untuk menunjang kesuskesan setelah Anda lulus sekolah nanti.

Menjadi siswa SMK, setelah lulus kita diberikan pilihan mau melanjutkan ke pendidikan selanjutnya atau mau bekerja, dalam memilih pilihan ini Anda harus mempertimbangkan secara matang, karena di proses ini kita dituntut mana keputusan terbaik untuk menuju masa depan yang sukses. Anda harus memilih salah satu, jika mau kuliah sambil bekerja juga lebih baik. Namun jika Anda tidak mempunyai pilihan mau kuliah atau bekerja dipastikan setelah lulus Anda hanya akan menganggur.

Pada masa pkl, jika siswa memanfaatkan dengan optimal maka hasil atau bekal yang diperoleh pasti akan sangat bermanfaat. Karena pada masa pkl Anda akan merasakan dunia industri yang hampir mirip dengan dunia kerja sebenarnya. Untuk itu, saat memilih tempat pkl Anda harus memilih tempat yang sesuai dengan keinginan Anda, jangan asal pilih. Karena pemilihan tempat pkl adalah salah satu faktor yang berpengaruh terhadap hasil akhir pkl Anda.

Jika setiap hari, Anda akan dilatih oleh guru di sekolah tentang praktek kejuruan khususnya TKJ, hal itu dirasa kurang cukup untuk bekal saat masuk di dunia kerja nanti. Kegiatan praktek mingguan dan didukung oleh kegiatan pkl hasilnya akan sangat baik jika dimanfaatkan secara maksimal. Harapannya, saat masuk dunia kerja nanti Anda bisa menggunakan pengalaman yang didapat sewaktu bersekolah untuk melakukan sesuatu yang hebat.
Lama prakerin atau pkl biasanya 3-6 bulan tergantung peraturan di sekolah Anda. Selama waktu pkl Anda akan dilatih kerja beneran atau kerja yang sesungguhnya. Kegiatan pkl ini wajib karena sebagaisalah satu faktor penentu kelulusan saat akhir masa SMK nanti. Saat prakerind atau pkl Anda harus mematuhi peraturan di tempat Anda pkl. Terpenting disiplin dan fokus adalah faktor terpenting yang harus dilakukan saat pkl.

Saat pemilihan tempat pkl biasanya dari pihak sekolah akan memberi rekomendasi tempat pkl yang pernah dimasuki oleh kakak kelas Anda. Tetapi, jika Anda mau mencari sendiri juga lebih baik. Karena Anda bisa mencari yang sesuai dengan keinginan Anda. Juga bisa melakukan pemantauan ke tempat dahulu.

Tempat PKL jurusan TKJ di Magelang

Biasanya pihak sekolah memberi waktu 3-6 bulankepada siswa sebelum prakerind untuk mencari tempat pk. Tetapi tidaka boleh dilaksanakan saat jampelajaran karena akan mengganggu. Anda bisa mencari tempat pkl pada saat hari libur atau jam sepulang sekolah.
Sebelum memilih tempat pkl, silahkan baca tips-tips berikut ini.

*. Mencari tempat sesuai keinginan.

Tips pertama ini juga berpengaruh dalam hasil akhir pkl. Anda jangan melaksanakan pkl di tempat yang menurut Anda tidak nyaman atau karena paksaan orang lain, biasanya jika melakukan sesuatu yang sesuai keinginan akan lebih mudah dalam mengerjakannya.

*. Jangan terpengaruh teman.

Biasanya Anda akan diajak teman yang satu jurusan denganAnda untuk melakukan pkl di tempat yang sama. Agar tempat pkl juga sesuai dengan keinginan Anda, sebelum mencari tempat lebih baik berdiskusi tentang tempat pkl yang diinginkan, jadi Anda akan melaksanakan pkl dengan nyaman dan mendapat hasil akhir setelah prakerind selesai.

Berikut ada beberapa tempat PKL di daerah Magelang yang bisa Anda simak.
1. UMM (Universitas Muhammadiyah Magelang)

UMM merupakan sebuah universitas swasta dibawah naungan Muhammadiyah, yang menerima siswa prakerind. Pada saat tahun 2016 lalu teman sekelas saya banyak yang melakukan prakerind di UMM. Agar lebih jelas, Anda bisa datang langsung ke kampus UMM yang beralamat di Jl. Mayjend Bambang Soegeng, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah.
2.Giant Magelang

Di Giant Magelang, tepatnya di toko-toko yang ada didalam supermarket giant banyak yang menerima siswa prakerind. Untuk kegitan yang dilakukan biasanya jual beli peralatan komputer, untuk kegiatan lain saya kurang mengetahui. Untuk lebih jelas silahkan Anda kunjungi Giant Magelang yang beralamat di
3.Varis Computer

Toko komputer yang letaknya hampir berdekatan dengan UMM di Mertoyudan ini juga menerima pkl, saat saya kemarin mau masuk disitu tetapi sudah terisi dengan siswa SMK lain, agar kuota yang dibutuhkan tidak segera penuh Anda harus datang ke toko ini lebih awal. Silahkan Anda berkunjung ke Varis Comp yang beralamat di
4.Oetama Comp

Oetama comp adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pengetikan, servis, dan jual beli komputer. Dulu saya juga pkl disini, biasanya di oetama comp hanya menerima siswa laki-laki. Untuk lebih jelasnya silahkan datang ke Oetama Comp yang beralamat di JL. Muntilan Dukun KM.1 Patosan Barat, Sedayu, Muntilan.

Sebenarnya masih banyak tempat pkl jurusan TKJ di kecamatan Muntilan, Srumbung, Borobudur namun untuk alamat dan nama toko saya sudah lupa, hehehe maklum.

Mungkin hanya ini yang saya sampaikan mengenai tempat pkl jurusan TKJ di daerah Magelang. Semoga bisa memberi gambaran anda saat memeilih tempat pkl. Semoga bermanfaat dan pkl adna sukse. Terima kasih

2 komentar


EmoticonEmoticon