Senin, 09 Oktober 2017

Cara Jitu Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Tags

Cara Jitu Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Anda pasti tidak asing dengan benda kecil satu ini, benda kecil ini sangat berguna bagi kita di jaman sekarang. Apalagi Anda seorang pelajar atau guru yang harus menyimpan banyak file atau dokumen tugas dan lainnya. Namun, Anda pernah mengalami tiba-tiba flashdisk anda tidak terbaca? Pasti Anda akan panik seketika apalagi didalamnya memuat file penting. Sebanarnya masalah satu ini sering kali ditemui oleh beberapa orang pengguna flashdisk.

Jika Anda menemui masalah ini, jangan panik dahulu. Terkadang penyebab flashdisk tidka terbaca akibat port USB pada komputer atau laptop Anda sudah bermasalah. Penyebab utama bisa jadi bukan dari flashdisk Anda. Jadi, ketika flashdisk Anda tidak terbaca pada perangkat komputer atau laptop Anda, silahkan anda coba di perangkat lain terlebih dahulu.

Saat Anda mengalami masalah flashdisk tidak terbaca ini, mungkin Anda bertanya-tanya kok flashdisk saya tiba-tiba tidak terbaca? Apa penyebab flashdisk saya tidak terbaca? Agar kita tahu apakah penyebab flashdisk Anda tidak terbaca, kita harus mengevaluasi atau meninjau apa yang kita lakukan sebelum masalah flashdisk tidak terbaca terjadi.

Berikut ini akan saya bagikan beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca.

1. Sering mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu.

Hal sepele seperti eject flashdisk sering disepelekan oleh kebanyakan orang, banyak orang beranggapan bahwa proses eject sebelum flashdisk dicabut tidak penting, dan efeknya akan sama saja dengan tidak melakukan eject. Hal ini sebenarnya penting, karena dengan eject flashdisk akan melakukan unmount dan merampungkan proses yang masih berjalan agar flashdisk tetap aman ketika dicabut.
2.Flashdisk terjatuh dan merusak kondisi fisik.

Penyebab satu ini juga dapat membuat flashdisk Anda tidak terbaca, hendaknya Anda menjaga flashdisk Anda agar tidak terjatuh lebih baik lagi Anda memasang pelindung pada flashdisk Anda.

3.Driver perangkat belum terinstall.

Fungsi dari driver adalah mendeteksi perangkat yang dimasukan seperti flashdisk maupun cd. Hendaknya Anda melakukan pengecekan pada driver perangkat Anda sudah terinstall dengan baik atau belum, biasanya driver yang belum terinstall sempurna tidak akan bisa mendeteksi perangkat dengan baik.

4.Port USB rusak.

Ketika port USB pada perangkat Anda rusak tentu tidak akan bisa membaca flashdisk yang masuk. Untuk itu Anda cek USB port Anda masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Cara Ampuh Memperbaiki Flashdisk Tidak Terdeteksi

Jika Anda Sudah mengecek semua penyebab yang saya sebutkan diatas, selanjutnya silahkan Anda lakukan beberapa cara ampuh berikut. InshaAllah akan berhasil.
1.Cek Letak Permasalahan.

Cara pertama Anda cek sumber permasalahan yang menjadi penyebab flashdisk tidak terbaca, apakah bersumber pada flashdisk atau port USB perangkat Anda bermasalah. Coba Anda masukan flashdisk ke perangkat lain, jika pada perangkat tersebut masih terdeteksi flashdisk masuk berarti penyebab ada pada port USB perangkat anda yang sudah tidak berfungsi. Namun, jika pada perangkat lain masih saja tidak terbaca coba anda lakukan proses berikutnya.
2.Lakukan format pada flashdisk 

Caranya adalah dengan menggunaka sistem operasi Windows dengan menggunakan Cumputer Management TOOL atau compmgmt.msc melalu perintah pada RUN di perangkat Anda. Silahkan lakukan cara berikut ini.

*. Masukan flashdisk pada komputer atau laptop ( pastikan port pada perangkattersebut masih berfungsi.

*. Masuk ke menu RUN dengan menekan tombol CTRL + R selanjutnya silahkan ketik compmgmt.mcs lalu enter.

*. Setelah masuk di menu Computer Management Tool, pilih Storage lalu pilih Disk Management.

Jika Anda sudah melakukan cara diatas, jika berhasil maka flashdisk Anda akan pulih kembali. Tetapi data didalamnya akan hilang karena sudah melakukan proses format. Namun, tidak semua permasalahan flashdisk tidak terbaca dapat di atasi dengan cara diatas.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai cara jitu mengatasi flashdisk yang tidak terbaca tanpa bantuan aplikasi, semoga dapat sedikit membantu Anda dalam mengatasi masalah pada flashdisk yang tidak terbaca. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon