Selasa, 17 Oktober 2017

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Bocor

Tags

Contoh Penulisan Tujuan Laporan Prakerind / PKL yang Benar

Baterai termasuk organ sangat vital bagi laptop, jika baterai pada laptop bermasalah maka fungsi laptop akan terganggu. Baterai berfungsi memberi daya bagi laptop. Maka dari itu Anda harus menjaga dan memperhatikan kondisi pada baterai laptop Anda, serta menghindari faktor-faktor yang dapat merusak kesehatan baterai.

Semua barang elektronik lama kelamaan pasti akan mengalami penurunan kinerja entah itu didasari faktor tertentu atau faktor penggunaan yang sudah terlalu lama. Ketika Anda memakai laptop baru pasti akan awet saat di gunakan. Namun lama kelamaan pasti daya akan cepat habis. Bisa jadi laptop Anda sudah termakan usia atau terlalu lama penggunaanya ataupun baterai sudah bocor.

Saya yakin semua pengguna laptop menginginkan daya pada baterai nya awet saat digunakan. Tetapi kebanyakan para pengguna laptop tidak mengetahui, ada juga yang menyepelekan cara perawatan baterai laptop yang baik dan benar. Biasanya, baterai laptop yang masih norma akan kuat bertahan selama 5-6 jam sejak baterai full. Namun, ini juga dipengaruhi kegiatan yang dilakukan oleh pengguna laptop itu sendiri. Jika hanya digunakan menonton film offline ataupun mengetik mungkin masih kuat. Tetapi jika digunakan untuk desain grafis atau bermain game berat mungkin hanya bertahan selama 2-3 jam saja.

Untuk umur baterai sendiri, jika user menggunakan laptop dengan benar serta rutin melakukan perawatan berkala umurnya bisa sampai 4 tahun. Tetapi jika user menggunakan laptopdengan asal pakai atau ngawur mungkin belum sampai 4 tahun baterai sudah mengalami penurunan kinerja secara drastis bahkan baterai bisa bocor. Sebagai user harus teliti dan hati-hati dalam menggunakan laptop agar awet dan kinerja tetap topcer.

Untuk menghindari kejadian baterai bocor dan drop, silahkan Anda simak beberapa tips ampuh untuk merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor berikut ini:

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tidak Cepat Bocor

1.Selalu Isi Daya Baterai Sampai Penuh

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah saat pengisian baterai laptop. Ketika baterai laptop akan habis, maksimal saat presentase tinggal 10% Anda harus melakukan pengisian baterai kembali jangan sampai menunggu baterai tinggal 0%. Apalagi jika baterai laptop Anda sejenis baterai tanam yang sangat tidak diperbolehkan kehabisandaya hingga 0%. Karena dapat membuat baterai menjadi kering dan akan susah untuk meningkatkan isi baterai atau saat mencharge-nya. Dan usahakan selalu isi baterai hingga full atau 100%. Jangan cabut charge sebelum baterai full karena jika Anda melakukan secara terus menerus, bukan mustahil jika baterai laptop akan bocor.

2.Jangan Mengisi Baterai Sambil Digunakan

Hal satu ini seharusnya dihindari, kebanyakan hal ini dilakukan hampir semua pengguna laptop, mereka berdalih jika sedang mengerjakan tugas penting yang tidak bisa ditunda, game online, dan masih banyak lagi.

Jika Anda melakukan hal ini secara terus menerus maka baterai lama-lama akan bocor karena saat charge baterai, arus listrik akan terus menerus mengisi daya pada baterai, sedangkan aktivitas anda saat menggunakan laptop malah mengurangi daya.

3.Lepas Baterai Laptop

Yang dimaksud dengan melepas baterai laptop adalah, ketika Anda mau menggunakan laptop dengan aktivitas yang membutuhkan waktu yang cukup lama Anda bisa melepas baterai Laptop Anda. Melepas baterai juga dapat membuat baterai laptop Anda lebih awet.

Tetapi, selain menambah keawetan baterai ada pula sisi negatifnya. Dengan melepas baterai laptop daya listrik yang masuk akan langsung masuk pada hardware Anda. Hal ini dapat membuat komponen hardware Anda rusak lebih cepat.

4.Gunakan Charger Adaptor yang Original

Hal sepele seperti ini terkadang tidak di pedulikan oleh beberapa pengguna, menuru mereka menggunakan adaptor yang original ataupun kw sama saja tidak ada pengaruhnya. Namun, dengan kita menggunakan adaptop yang original bisa mempengaruhi usia pada baterai laptop. Yang perlu diamati tidak semua adaptor memiliki daya yang sama, biasanya banyak user yang menggunaka adaptor dengan daya besar, sehingga pengisian dilakukan secara cepat. Namun, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan pada baterai laptop Anda. Intinya, jangan memilih adaptor sembarangan.

Kesimpulan, selalu perhatikan kondisi kesehatan pada baterai laptop Anda. Hal-hal yang membuat baterai laptop Anda cepat bocor atau drop hendaknya dihindari.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak cepat bocor, semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon