Jumat, 06 Oktober 2017

Kegiatan yang Dilakukan Anak TKJ Saat Praktikum

Tags

Kegiatan yang Dilakukan Anak TKJ Saat Praktikum

Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang pada seluruh teman-teman jurusan Teknik Komputer Jaringan di Seluruh Penjuru Nusantara. Sebagai lulusan SMK jurusan TKJ menurut saya adalah sebuah kebahagiaan dan kebanggan, mengapa demikian? Karena saat bersekolah di jurusan TKJ kita di beri ilmu pengetahuan yang sangat luas di bidang IT. Hampir 70% kegiatan di dunia ini memerlukan IT sebagai pembantu dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Jadi anak jurusan TKJ bisa mendapat jaringan lowongan kerja yang luas ataupun membuka lowongan kerja sendiri.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman yang saya rasakan selama praktikum di laboratorium selama mengenyam pendidikan di SMK, jadi cerita ini memang sepenuhnya kegiatan ini memang sepenuhnya dilakukan saya dan teman teman sekelas saya saat melakukan praktikum.

Kegiatan yang Dilakukan Anak TKJ Saat Praktikum

Curhat sedikit, setelah saya lulus SMP saya bingung sekali ingin melanjutkan kemana dan mengambil jurusan apa, ibu saya menyarankan untuk mengambil jurusan teknik elektro, namun karena sekolah terlampau jauh, saya pun mengurungkan niat untuk melanjukan disana. Pada suatu hari Bapak Kepala Sekolah tempat saya bersekolah kemarin melakukan presentase di MTs saya, setelah presentase beberapa lama saya berfikir jurusan TKJ lah yang membuat saya tertarik, karena di jurusan ini cocok bagi orang berbadan kecil seperti saya, karena kegiatan praktek di TKJ kebanyakan membutuhkan otak bukan fisik. Alhasil sehari setelah beliau presentase saya langsung mantap mendaftar di SMK. Bismillah

Di SMK kegiatan praktikum memang menjadi favorit para siswanya, hampir sepenuhnya pelajaran teknik kejuruan saya dilakukan di lab. karena jika kita melanjutkan pendidikan ke tingkat SMK dituntut menjadi calon pekerja yang sudah siap mengarungi dunia kerja atau industri. Nah langsung saja saya paparkan kegiatan apa sajakah yang saya lakukan semasa praktek di SMK.
1.Tidur di LAB

Nah point pertama adalah kegiatan yang tidak boleh ditiru ya teman-teman, kegiatan tidur di LAB sering dilakukan teman saya saat mereka malas mendengarkan arahan guru saat praktek atau malas mengerjakan tugas. Mungkin karena tempat duduk di belakang ditambah sejuknya ruangan ber-AC menambah gairah mereka untuk tidur nyenyak.
2.Bermain Game

Kegiatan satu ini mungkin kegiatan yang mustahil tidak dilakukan anak TKJ selama di LAB. Game memiliki rasa godaan yang sangat kuat, selain itu saya juga merasa ketagihan apabila tidak memainkannya. Ketika rasa jenuh datang saat praktikum mungkin salah satu kegiatan yang dapat digunakan untuk menghilangkan suntuk adalah bermain game, biasanya kami bermain game Counter Strike secara Online, alhasil semua anak laki-laki diajak untuk bermain semua karena bisa dimainkan secara bersamaan. Jika tidak biasanya saya bermain NFS Most Wanted .

Nah saya mempunyai saran bagi teman-teman yang ingin bermain game super ringan sekali, yaitu game Dinosaurus di Google Chrome, bila anda ingin tau lebih lanjut silahkan baca artikel ini
3.Download File

Nah yang satu ini kadang membuat saya jengkel, karena biasanya si pendonwload di LAB melakukan cara curang yaitu melakukan Cut pada jaringan koneksi jaringan, kalau tidak begitu ya membuat jaringan terasa lemot sekali. Biasanya mereka mendownload file gajah atau file berukuran 500 Mb keatas, kebanyakan mereka para opreker android yang melakukan kegiatan download ini.
4.Menonton Youtube

Kegiatan terakhir yang biasanya kami lakukan adalah menonton youtube. Kegiatan ini juga sering menimbulkan cek-cok antara si downloader sama si penonton youtube, bagiaman tidak keduanya memperlukan koneksi internet yang cepat agar tidak mengalami kendala saat melakukannya. Biasanya penonoton youtube adalah kaum hawa. Mereka menonton boyband ataupun drama korea yang sedang trend. Alhasil koneksi internet kaum hawa sering di potong koneksinya oleh teman dowlnoader saya.
Kesimpulan

Rivalitas atau persaingan anak TKJ saat di Lab yang saya alami saat masa sekolah bisa jadi sama dengan rivalitas suporter bola, karena kami bersaing bukan hanya prestasi namun juga kecepatan koneksi agar kegiatan kami selain praktek dapat berjalan lancar. Namun setelah keluar dari lab persahabatan kami akan kembali seperti biasa.

Bagi anak TKJ mungkin pernah melakukan kegiatan yang saya sebutkan diatas. Mungkin ini sepenggal kisah kenangan yang alami saat masih duduk di bangku SMK yang banyak akan kenangan, artikel ini saya buat hanya untuk hiburan dan nostalgia mengenan indahnya bangku sekolah. Terima Kasih


EmoticonEmoticon