Jumat, 06 Oktober 2017

4 Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer

Tags

Pada dasarnya, sebuah sistem operasi komputer diinstall di dalam penyimpanan hardisk. Untuk melakukan instalasi tersebut ada beberapa macam metode seperti yang sudah saya singgung diatas. Jenis perangkat lunak dan kebutuhan user ( anda ) pun juga harus disesuaikan dalam penginstalan metode sistem komputer tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang metode instalasi sistem operasi pada komputer. Sebelum kita mengoperasikan sebuah komputer, sebelumnya pasti kita harus melakukan instalasi. Instalasi dibagi menjadi 4 macam. Diantaranya adalah instalasi multiboot, instalasi sistem baru, instalasi upgrade, dan instalasi visualisasi. Materi ini saya dapat sewaktu saya duduk dibangku kelas X SMK jurusan TKJ. Jika anda adalah jurusan TKJ pasti anda pernah mempelajari materi ini.

4 Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer

4 Metode Instalasi Sistem Operasi Komputer

Metode instalasi sistem komputer adalah cara untuk memasukan sistem ke hardisk komputer. Langsung saja berikut adalah penjelasan mengenai macam metode instalasi sistem komputer.

1.Mode Instalasi Multiboot

Metode ini adalah memasang 2 atau lebih sistem pada komputer, artinya metode ini bisa digunakan oleh para user yang ingin memasang dua atau lebih boot di komputernya, semisal user yang sudah menggunakan windows ingin bermigrasi ke linux atau sistem operasi lain yang sudah ada list atau terinstall pada komputer bisa menggunakan metode instalasi ini. Karena kebanyakan user pemula pengguna linux akan kagok. Karena sudah terbiasa menggunakan windows.

Dalam metode multiboot ini partisi yang ada pada komputer anda akan memiliki partisi sendiri, jadi jika anda akan menginstall metode instalasi multiboot hendaknya persiapkan partisi untuk menempatkan instalasi sistem multiboot.

2.Metode Instalasi Baru

Pada dasarnya metode instalasi baru ini adalah metode yang digunakan untuk melakukan instalasi sistem operasi baru pada perangakt komputer anda. Dengan menggunakan metode instalasi jenis ini, otomatis semua data baik software maupun data sistem sebelumnya akan terhapus. Dan akan digantikan dengan data baru setelah anda melakukan instalasi kembali. Hal yang menyebabkan harus melakukan instalasi sistem operasi baru adalah ketika user hendak membangun sebuah jaringan baru. Lalu bermasalahnya sebuah sistem operasi juga menjadi penyebab mengapa anda harus melakukan metode instalasi baru.

Yang perlu anda ingat kembali, dengan menggunakan metode instalasi jenis ini, otomatis semua data baik software maupun data sistem sebelumnya akan terhapus. Dan akan digantikan dengan data atau file sistem operasi baru setelah anda melakukan instalasi kembali.

3.Metode Instalasi Upgrade

Berbeda dengan metode instalasi baru, instalasi model ini tidak menghapus data sistem operasi yang lama, jadi bagi para user tidak perlu khawatir file penting pada file lama tidak akan terhapus. Metode instalasi ini biasanya dilakukan oleh pihak pengembang, dalam artian saat kita menggunakan sistem operasi lama terlalu banyak bug atau masalah yan membuat kita terganggu dalam mengoperasikannya. Lalu pihak pengembang sendiri melakukan perbaikan pada sistemnya. Jika sudah, para user bisa melakukan peningkatan atau upgrade pada sistem operasinya agar dapat di operasikan dengan aman dan nyaman kembali. Tentunya tanpa harus menghapus data atau file lama. Sebagai contoh, saya menggunakan windows versi 10 10240, karena masih terdapat banyak masalah pada windows versi ini. Pihak pengembang ( miscrosoft ) melakukan upgrade windows ke versi 10586.
Kesimpulan, metode instalasi jenis upgrade ini hanya menggantikan file lama pada sistem operasi lama, berbeda dengan hapus namun hanya mengganti. Karena hanya dilakukan perbaikan bug oleh pihak pembuat sistem komputer tersebut.

4.Metode Instalasi Virtualisasi

Metode instalasi virtualisasi adalah metode yang dapat dgunakan user untuk menjalankan sebuah sistem operasi di dalam sebuah sistem operasi. Bingung? Hehehe artinya user bisa membuat sebuah mesin virtual sistem operasi menggunakan software, misal adalah VirtualBox atau software sejenis. Dengan cara tersebut user bisa menggunakan sebuah sistem operasi secara banyak sekaligus.

Kembali lagi ke jurusan TKJ di SMK, saat di kelas X awal saya mempraktekan metode jenis virtualisasi ini saat praktikum. Metode dan langkah-langkah yang digunakan juga hampir sama dengan metode instalasi pada umuna, hanya saja ini dilakukan menggunakan sebuah mesin virtual. Maka dari itu dinamakan metode instalasi virtualisasi.

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan mengenai metode instalasi pada komputer. Semoga dapat membantu permasalahn anda dan menambah pengetahuan anda tentang teori ini. Terima kasih


EmoticonEmoticon