Senin, 25 Desember 2017

SMK Muhammadiyah 1 Salam Magelang

Tags

SMK Muhammadiyah 1 Salam Magelang

Sekolah Menengah Kejuruan atau yang sering disebut SMK adalah salah satu tingkat lanjutan pendidikan formal setelah menyelesaikan pendidikan di jenjang SMP/MTs. SMK didirikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa lulusannya untuk siap memasuki dunia industri ataupun mau berwirausaha mandiri. di SMK sendiri menyediakan berbagai jurusan yang bisa disesuaikan dengan minat dan bakat calon siswa. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 tentang tujuan pendidikan nasional serta penjelasan pasal 15 tentang pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang memepersiapkan peserta didik untuk bekerja di bidang tertentu.

Saat ini peran SMK dalam mencetak tenaga kerja baru tidak bisa di anggap remeh, saat ini tidak ada lagi SMK di gunakan sebagai sekolah cadangan jika seorang calon siswa gagal masuk ke SMA favorit. Saya akan memberikan sedikit alasan kuat, mengapa kita harus memilih SMK sebagai lanjutan pendidikan setelah menyelesaikan pendidikan di SMP/MTs. berikut ulasannya :

*. Setiap siswa SMK diberikan keterampilan khusus sesuai jurusan masing-masing. Jadi, setelah lulus bisa melanjutkan ke industri yang sesuai.

*. Siswa akan dilatih untuk berjiwa enterpreneurship atau wirausaha, harapannya siswa akan memiliki etika dan disiplin yang tinggi.

*. Lulusan SMK akan cepat memperoleh pekerjaan, seiring dengan banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang lulusan SMK yang masih fresh graduate.

SMK Muhammadiyah 1 Salam adalah salah satu SMK dibawah naungan organisasi Muhammadiyah yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Saya dulu melanjutkan pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Salam, Alhamdulillah telah menyelesaikan pendidikan pada 2017 ini. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai SMK Muhammdiyah 1 Salam.

Mengenal SMK Muhammadiyah 1 Salam

SMK Muhammadiyah 1 Salam berdiri pada 2 Januari 1971. Saat awal mula berdiri SMK Muhammadiyah 1 Salam bernama STM Jumoyo, namun berganti nama pada 1 Juli 2007. SMK Muhammadiyah 1 Salam beralamat di Jl. Lapangan Jumoyo, Salam, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Salam menerapkan sistem pendidikan yang disiplin dan islami, harapannya lulusan SMK Muhammadiyah 1 Salam akan menjadi orang-orang sukses tetapi tidak akan lupa dengan Allah SWT.

Jurusan di SMK Muhammadiyah 1 Salam

Saat masih bernama STM Jumoyo, hanya menyediakan 2 jurusan yakni Teknikn Otomotif dan Teknik Pemesinan. Namun, saat ini SMK Muhammadiyah 1 Salam memiliki 7 jurusan kejuruan. berikut adalah jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Salam.

1. Jurusan Teknik Geologi Pertambangan

Jurusan Teknik Geologi Pertambangan merupakan jurusan baru di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Angkatan pertamanya lulus pada 2017. Jurusan Geologi Pertambangan adalah jurusan yang mempelajari ilmu kebumian, seperti bentuk muka bumi, jenis dan bentuk batuan, sifat fisika dan kimia, proses terjadinya pembentukan batuan, serta sejarah bumi dan geologi terapannya ( Geologi minyak dan gas, geologi teknik, hidro geologi ).

2. Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Teknik Komputer Jaringan adalah teknik yang mempelajari ilmu komputer dasar dan jaringan. seperti, instalasi PC, instalasi LAN, perbaikan PC, ilmu dasar pemrograman PC, serta ilmu-ilmu lain yang berhubungan dengan komputer dan jaringan.

3. Jurusan Teknik Sepeda Motor

Teknik Sepeda Motor adalah teknik jurusan yang mempelajari keterampilan pelayanan jasa mekanik kendaraan khususnya sepeda motor. teknik ini mempelajari ilmu seperti perbaikan dan perawatan sepeda motor. Teknik Sepeda Motor memberikan bekal kepada lulusannya untuk bekerja di sebuah badan, instansi, maupun perusahaan.

4. Jurusan Teknik Gambar Bangunan

Teknik Gambar Bangunan merupakan sebuah jurusan teknik yang mempelajari ilmu tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung, perbaikan gedung. contoh kegiatannya adalah menggambar rumah dan gedung, menghitung biaya pembangunan, melaksanakan pembangunan, serta memelihara konstruksi bangunan.

5. Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Teknik Kendaraan Ringan adalah jurusan yang mempelajari ilmu perawatan dan perbaikan kendaraan, kegiatannya adalah perawatan mesin mobil, perbaikan mesin mobil dan lainnya yang berhubungan dengan kendaraan ringan. Teknik kendaraan ringan memberikan bekal kepada lulusannya untuk bekerja di sebuah badan, instansi, maupun perusahaan.

6. Jurusan Teknik Pemesinan

Teknik Pemesinan adalah jurusan yang mempelajari cara membuat barang teknik menggunakan berbagai macam mesin. Teknik Pemesinan membekali siswannya untuk mengoperasikan, menyetting dan perawatan mesin. Teknik Pemesinan memberikan bekal kepada lulusannya untuk bekerja di sebuah badan, instansi, maupun perusahaan.

Nah itulah beberapa gambaran tentang jurusan di SMK Muhammadiyah 1 Salam, Berikut adalah beberapa visi, misi dan tujuan SMK Muhammadiyah 1 Salam
Visi, Misi, dan Tujuan SMK Muhammadiyah 1 Salam

Visi, Misi, dan Tujuan SMK Muhammadiyah 1 Salam.

Visi

· Mewujudkan SMK Muhammadiyah 1 Salam sebagai pencetak tenaga kerja profesional muslim yang mampu menjawab tuntutan pasar bebas.

Misi
· Membentuk tamatan yang terampil dan berkepribadian muslim, serta mampu berkompetisi di dunia kerja.

· Menyiapkan peserta didik sebagai aset pembangunan yang produktif.

· Menyiapkan wirausahawan muslim yang mampu mengembangkan diri.

Tujuan

· Peningkatan klauitas tamatan dengan pemberian keterampilan.

· Menuju pada sikap kemandirian dengan pembinaan kewirausahaan.

· Upaya mendorong masyarakat guna menciptakan lapangan kerja mandiri.

· Memberikan layanan pendidikan secara optimal dengan memperhatikan minat serta keterampilan peserta diklat.

· Memberikan pendidikan vocational skill pada peserta diklat yang akan memasuki dunia kerja.

Untuk adik-adik yang Tahun 2018 ini lulus khususnya berdomisili di Magelang bisa melanjutkan di SMK Muhammadiyah 1 Salam. Untuk info lainnya yang lebih detail silahkan kunjungi website resminya dihttp://smkmuh1salam.sch.id.






EmoticonEmoticon