Senin, 25 Desember 2017

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install

Tags



Dalam sebuah komputer, aplikasi merupakan sebuah komponen penting dan vital sebagai penunjang saat komputer dioperasikan. Jika sebuah komputer tidak di install sebuah aplikasi maka sudah dipastikan fungsinya sangat terbatas sekali. Maka dari itu, seorang user wajib menginstall aplikasi di komputernya.

Sebelum menginstall aplikasi, komputer kita harus di install sistem operasi terlebih dahulu. Setiap sistem operasi pasti memiliki aplikasi sendiri. Ada juga yang sudah menyediakan aplikasi bawaan, sebagai contoh dalam windows sudah ada aplikasi bawaan Notepad, paint, Win Explorer dan masih banyak lagi.

Namun jika hanya memanfaatkan aplikasi bawaan saya rasa masih kurang. Sebagai contoh Anda adalah seorang Desainer grafis atau pembuat animasi yang membutuhkan aplikasi corel draw, photoshop dan adobe flash mx sebagai alat bantu Anda dalam memproduksi sebuah karya tersebut. Untuk menggunakannya Anda juga harus mengisntall terlebih dahulu.

Dalam hal install meng- install saya rasa cukuplah mudah, karena di dalam sebuah aplikasi juga sudah tersedia panduannya bagi yang belum bisa. Namun, walaupun Anda sudah bisa menginstall aplikasi tersebut kadang-kadang pernah mengalami aplikasi tidak dapat di install di komputer Anda.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi dan penyebab aplikasi tidak bisa di install di komputer. Langsung saja simak artikel berikut ini.

Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Komputer Tidak Bisa di Install

Faktor penyebab aplikasi tidak dapat di install sangat banyak. Terlebih dahulu kita pelajari apa saja penyebab aplikasi tidak dapat di install. Ulasan berikut faktorpenyebab aplikasi tidak bisa di install dan cara mengatasinya.

1. Aplikasi Tidak Support pada Sistem Operasi

Bisa jadi, Aplikasi Anda tidak dapat di install pada komputer karena tidak support atau compatible. Banyak aplikasi yang support di windows 7 kebawah, sedangkan saat di install di windows 8 dan 10 tidak support.

Cara Mengatasi
Karena penyebabnya adalah aplikasi yang tidak support atau compatible, maka yang harus Anda lakukan adalah mengubah compability ke sistem operasi lain yang support. Di windows sudah disediakan fitur compability mode yang berfungsi mengatur compability ke windows yang dulu agar aplikasi bisa di install. cara menggunakannya adalah sebagai berikut.

*. Silahkan Anda cari aplikasi yang tidak bisa di install

*. Klik kanan pada aplikasi tersebut lalu pilih Properties.

*. Pilih Compability pada bagian yang sudah saya beri tanda, ganti dengan sistem operasi yang compatible. Sebagai contoh saya memilih win 8, klik tanda centang pada Run this profram in compability mode for:


*. Klik Apply > OK.

2. Net Framework Lawas

Penyebab kedua aplikasi tidak bisa di install di komputerAda aplikasi tertentu yang tidak bisa dinstall karena net framework yang lawas. Hal yang harus dilakukan adalah menginstall Net Framework versi baru minimal versi 4.5. Jika masalah memang pada Net Framework biasanya akan muncul peringatan saat saat mau menginstall sebuah aplikasi.

Cara Mengatasi

Sebenarnya caranya sangat mudah. Silahkan download terlebih dahulu Net Framework 4.5 dan install. Setelah proses install selesai silahkan coba kembali install aplikasi yang tidak bisa di install. Jika memang itu penyebabnya seharusnya berhasil saat di install kembali.

3. Aplikasi Perlu di Update

Penyebab ketiga yag menyebabkan aplikasi tidak bisa di install di komputer adalah aplikasi yang perlu di update karena versinya sudah telalu lama. Beberapa aplikasi sudah tidak support untuk di jalankan di sistem operasi baru. Sebagai contoh Anda menggunakan windows 10 dan akan menginstall aplikasi versi lama, bisa jadi aplikasi tersebut sudah tidak bisa dijalankan contohnya adalah aplikasi Daanav Image Downloader yang tidak bisa di install di windows 10.

Cara Mengatasi

Karena penyebabnya adalah aplikasi yang belum di update, maka Anda harus mendownload aplikasi dengan versi yang terbaru. Contoh tadi adalah aplikasi Daanav Image Downloader, maka Anda download aplikasi Daanav Image Downloader terbaru misalnya atau versi diatasnya. Jika sudah silahan install aplikasi tersebut.
Nah, itulah beberapa contoh penyebab umum yang sering menyebabkan aplikasi tidak bisa di install di komputer. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon