Jumat, 06 Oktober 2017

Pengertian dan Fungsi IP Address

Tags

Pengertian dan Fungsi IP Address

Selamat pagi teman-teman TKJ di seluruh penjuru Nusantara. Pada kesempatan ini saya akan berbagi artikel yang membahas tentang pengertian dan fungsi IP Address. Untuk teman-teman yang mengambil atau melanjutkan ke SMK jurusan TKJ pada saat kelas XI dan XII pasti sudah mengetahui apa pengertian dan fungsi dari IP Address tersebut. Nah untuk adik siswa baru kelas X mungkin belum di beri penjelasan oleh bapak/ibu guru pengampu teori kejuruan tentang materi ini.

Saya sengaja membuat artikel ini untuk membantu adik-adik TKJ yang ingin mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dan fungsi IP Address tersebut, sehingga pada saat Guru teori kejuruan menerangkan nanti anda sudah cukup paham tentang materi ini.

Pengertian dan Fungsi IP Address

Berikut adalah penjelasannya, IP Address adalah kepanjangan dari Internet Protocol Address. Adalah sebuah alamat unik pada komputer. Maksud unik disini adalah alamat yang hanya bisa dipakai oleh sebuah komputer saja, jadi mustahil bila anda menemukan 2 alamat IP Address yang sama pada 2 komputer. IP Address memiliki deretan angka binner antara 32 bit sampai 128 bit. Yang digunakan untuk identitas pada sebuah komputer. Untuk angka 32bit digunakan pada IP versi 4 ( Ipv4 ) sedangkan angka 128bit digunakan untuk IP versi 6 ( Ipv6 ) sebagai penunjuk alamat pada jaringan TCP/IP.

IP Address juga bisa digunakan sebagai identitas pada alat seperti komputer, router dan printer pada jaringan komputer yang menggunakan internet protocol sebagai alat komunikasi.

Fungsi IP Address

Materi diatas sudah saya beri penjelasan tentang pengertian IP Address. Nah untuk fungsi IP Address akan saya bahas berikut ini. Berikut adalah fungsi atau kegunaan pada IP Address.

1.Sebagai alamat lokasi jaringan.

2.Sebagai alat identifikasi host pada suatu jaringan komputer.

Mungkin jika saya beri 2 point fungsi diatas, anda masih sedikit bingung tentang fungsi dari IP Address tersebut. Nah untuk penjelasan lebih detail, silahkan anda simak penjelasan berikut.

1.Sebagai alat identifikasi host pada suatu jaringan komputer.

Fungsi ini artinya adalah sebagai identifikasi. Sesuai materi yang saya singgung di atas. Artinya setiap komputer memiliki alamat IP yang unik, atau hanya dimiliki oleh sebuah komputer saja. Jadi alamat IP yang unik ini digunakan untuk mengenali perangkat seperti komputer, router, ataupun printer pada suatu jaringan komputer.

2.Sebagai alamat lokasi jaringan.

Fungsi kedua ini dapat diartikan untuk pemberitahu keberadaan atau lokasi dimana komputer tersebut berada. Agar IP Address mudah saatmelakukan pengiriman data. Maka IP Address akan memuat semua infromasi tentang keberadaan komputer tersebut, karena untuk memberikan info jalur atau rute yang akan dilewati saat melakukan transfer data agar data yang dikirim dapat sampai kepada komputer yang dituju.

Nah mungkin anda sudah paham dengan ulasan artikel diatas mengenai pengertian dan fungsi IP Address. Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan. Semoga artikel ini dapat membantu anda mengenai pengertian dan fungsi IP Address. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon