Minggu, 08 Januari 2017

Pengertian jaringan WAN dan Gambar Topologinya

Tags

WAN ( Wide Area Network )

Pengertian Wide Area Network atau WAN, adalah sebuah rancangan jaringan komputer yang lebih baik dan lebih luas cakupanya dari topologi MAN dan LAN. topologi jenis ini digunakan untuk menghubungkan jaringan antar negara bahkan antar benua. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai Jenis Jaringan Komputer LAN dan WAN karena luasnya wilayah cakupan dari Jenis Jaringan Komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

Keuntungan Jenis Jaringan Komputer WAN seperti Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai bank data dari kantor cabang., cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari Jenis Jaringan Komputer LAN dan MAN, tukar-menukar informasi menjadi lebih rahasia dan terarah karena untuk berkomunikasi dari suatu negara dengan negara yang lainnya memerlukan keamanan yang lebih, dan juga lebih mudah dalam mengembangkan serta mempermudah dalam hal bisnis bagi para pengusaha.

Namun topologi jenis ini juga memiliki kekurangan yaitu biaya operasionalnya yang sangat mahal, memerlukan firewall yang baik, dan sangat rentan dari pencurian data-data penting.

Berikut adalah gambar topologi WAN



Sekian penjelasan saya tentang Topologi jaringan WAN, semoga bermanfaat.
Source : http://mansurarrahmah.blogspot.co.id/2015/11/pengertian-lanmanwanwireless.html
Charis Fitriyanto

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon