Jumat, 28 Juli 2017

Cara Ampuh Mengatasi Modem Tidak Terhubung ke Internet

Tags



Cara Ampuh Mengatasi  Modem Tidak Terhubung ke Internet

Modem singkatan dari Modulasi de Modulator, adalah sebuah peranti wireless yang berbentuk kecil yang berfungsi sebagai alat penghubung antara perangkat ke jaringan internet. Alat ini sebagai alat favorit dibanding alat lainnya yang sejenis. Bentuknya yang fleksibel dan praktis sehingga banyak menjadi pilihan para pengguna perangkat PC maupun Laptop. Karena mudah di bawa tanpa memakan banyak ruang. Mungkin anda pernah mengalami modem anda tidak terhubung ke internet atau error? Jika iya, tepat sekali anda membaca artikel ini, karena disini saya akan mengulas bagaimana cara mengatasi modem anda yang tidak bisa connect (terhubung) ke internet.

Mengatasi Modem Yang Tidak Terhubung ke Internet

Masalah modem yang tidak terhubung ke internet sebenarnya di pengaruhi oleh beberapa faktor. Anda bisa mengecek kondisi sim card anda, apakah masih dalam keadaan baik atau rusak. Bisa juga di sebabkan oleh pengaturan konfigurasi modem yang salah. Tidak semua modem memiliki pengaturan yang sama, oh iya, pada modem sudah tersedia setting default yang mungkin anda perbarui tetapi ada penyettingan yang salah.

Anda juga harus mengecek posisi sim card anda saat di masukkan ke modem apakah terbalik atau tidak. Karena pengalaman saya hal sepele seperti ini sering kali terjadi karena kurangnya ketelitian. Jika sudah benar, selanjutnya anda cek sim card anda ke perangkat lain. Jika di perangkat lain sim card anda berfungsi atau bisa, mungkin kerusakan bersumber pada modem anda. Namun jika di perangkat lain sim card anda tidak bisa atau tidak berfungsi bisa jadi sim card anda telah rusak atau telah habis masa aktifnya. Karena kebanyakan kasus modem tidak terhubung ini, user tidak begitu mkemperhatikan apakah masa aktif sim cardnya masih berlaku atau tidak. karena jika masa aktif telah habis yang ada terjadi tanda silang pada sinyal modem anda.
Nah untuk mengatasi modem anda yang tidak terhubung ke internet silahkan anda coba beberapa cara berikut ini :

Cara Ampuh Mengatasi  Modem Tidak Terhubung ke Internet

*. Mengecek port perangkat anda

Hal pertama yang patut anda coba ialah mengecek apakah port pada perangkat anda masih berfungsi atau tidak. dari sini anda akan mengetahui apakah masalah bersumber dari port atau tidak. carannya coba pasang modem anda ke port yang lain, jika memang bisa berarti port yang sebelumnya sudah tidak berfungsi, jika tidak berfungsi juga mungkin permasalahan bukan bersumber pada port.

*. UnInstall dan Install Kembali Driver Modem
Point kedua yang anda coba adalah menguninstall lalu install kembali driver pada modem anda. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan saat anda menginstall driver masih kurang sempurna. Cara melakukan uninstall dengan membuka device manager pada perangkat anda. Setelah anda lakukan uninstall kemudian restarlah perangkat anda, setelah proses restart selesai silahkan anda kembali install ulang driver modem kembali. Lalu anda tes connect, jika permasalahan bersumber disini maka akan berhasil. Jika tidak cobalah cara terakhir berikut

*. Seting APN Yang Salah
Ini juga faktor penyebab modem anda error, biasannya kesalahan dalam penyettingan APN atau Acces Point Name merupakan penyebabnya. Setiap kartu sim yang anda gunakan berbeda konfigurasi APN-nya. Anmda harus mensetting APN yang sesuai dengan provider Sim Card anda, misal Indosat anda juga harus setting dengan Indosat.

Cara mudah mengubah settingan APN : Klik Settings > Setting Preferences > Profil Management di modem anda. Nah berikut saya berikan settingan APN kartu di Indonesia.

XL
Profil Name : XL GPRS

APN : www.xlgprs.net

Username : xlgprs
Password : proxl

Indosat
Profil Name : Indosat GPRS

APN : indosatgprs

Username : indosat

Password : indosat

Telkomsel
Profil Name : Telkomsel GPRS

APN : Telkomsel

Username : wap

Password : wap123

Axis
Profil Name : Axis

APN : Axis

Username : Axis

Password : 123456

Three

Profil Name : Three

APN : 3gprs

Username : 3data

Password : 3data
Nah cara diatas merupakan tips dari saya untuk anda coba jika sewaktu-waktu modem anda ada masalah saat terhubung ke internet. Semoga berhasil. Mungkin hanya sampai sini yang saya bagikan. Terima kasih










EmoticonEmoticon