Jumat, 28 Juli 2017

Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

Tags

Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Cepat Panas


Untuk jaman semodern ini pasti anda tidak asing lagi dengan benda bernama laptop. Apalagi anda seorang blogger yang membutuhkan perangkat baik PC/Laptop untuk melakukiaj aktivitas blogging. Jika anda kerja di sebuah instansi juga harus membutuhkan laptop sebagai sarana penunjang pekerjaan. Karena memang sebagian besar aktivitas dan pekerjaan membutuhkan laptop. Laptop banyak dipilih karena bentuknya yang fleksibel atau mudah dibawa kemana pun tanpa ribet dan memakan banyak ruang dalam tas anda. Mungkin sebagian dari anda yang sudah agak lama menggunakan laptop pernah merasakan kok laptopku cepat panas ya? Mungkin sedikit tips dari saya dan penyebab laptop anda cepat panas bisa membantu anda.

Mungkin bagi anda masalah laptop yang sepele karena menurut anda dampak yang di hasilkan bukanlah sesuatu yang serius. Masalah ini mungkin hampir terjadi pada sebagian besar user. Untuk anda yang laptopnya sudah terdapat gejala panas ada baiknya mengikuti tips berikut karena ini semua demi menjaga kondisi laptop anda agar tetap dalam kondisi prima sehingga efektif digunakan saat beraktivitas.

Jika anda membiarkannya bukan tidak mungkin laptop anda akan memiliki umur pendek karena terlalu menyiksa kinerja hardware itu sendiri. Sebenarnya yang menentukan panjang atau pendeknya kelangsungan hidup laptop bukan hanya faktor ini saja. Masih banyak faktor yang mempengaruhi.

Nah berikut saya berikan berbagai faktor yang menyebabkan laptop cepat panas, silahkan simak sampai akhir.

Cara Ampuh Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

1. Waktu pemakaian terlalu lama

Faktor pemakaian terlalu lama menyebabkan laptop cepat panas. Untuk anda yang beraktivitas lama dan menggunakan laptop sebagai penunjangnya, jika laptop anda hanya memiliki sebuah kipas hendaknya anda menambah cooling pad sebagai pembantu untuk menurunkan suhu atau pendingin pada laptop anda. Karena jika hanya mengandalkan sebuah kipas sedangkan pemakaian anda terlalu lama, hal ini dapat membebani kinerja hardware anda karena terus menerus menjalankan perintah yang anda berikan. Hal ini membuat laptop semakin cepat panas. Dan akan menurunkan kualitas hardware laptop anda ke depannya. 

Cara mengatasi :
Gunakan laptop seperlunya saja, atau jika ada hal yang memang memerlukan alaptop sebagai penunjangnya. Jika sedang tidak digunakan alangkah baiknya matikan laptop anda karena laptop juga memerlukan istirahat. Tetapi jika anda akan menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, persiapkan cooling pad sebagai alat pembantu kipas dalam menurunkan suhu laptop anda. Sehingga panas yang dihasilkan dapat di minimalisir.

2. Kipas bekerja tidak maksimal

Kipas merupakan alat pembantu perangkat dalam mendinginkan processor yang sangat vital bagi laptop. Ini juga bisa jadi penyebab laptop tersebut bertambah panas. Dalam artian, mungkin kipas anda berputar kurang optimal dikarenakan sebuah faktor. Misal di sela-sela kipas terdapat debu ataupun kotoran yang mengganjal sehingga mengambat perputaran kipas tersebut. Jika tidak bisa jadi kipas anda sudah seharusnya diistirahatkan karena udah digunakan terlalu lama. Maka kipas perlu diganti dengan yang baru agar kinerja dalam mendinginkan processor berjalan optimal.

Cara mengatasi:
Periksa keadaan kipas anda secara berkala, minimal satu atau dua bulan sekali. Usahakan selalu membersihkan debu yang menepel di sela-sela kipas anda menggunakan kuas.alangkah baiknya anda tidak hanya memnggunakan saja, Perawatan secara berkala diperlukan agar kinerja tetap optimal dan laptop anda pun efektif digunakan dalam aktivitas.

3. Penempatan letak laptop yang salah

Secara tidak sadar hal ini mungkin bisa menjadi penyebab laptop anda cepat panas. Memang ada peraturan dalam menggunakan laptop? Untu aturan mungkin tidak ada tapi secara nalar bisa dikira-
kira misalkan saat anda menaruh laptop malah menutup ventilasi yang di gunakan untuk keluar dn masuknya udara yang dilirkan oleh kipas pada laptop anda.m wajara saja laptop anda akan cepat panas.
Cara Mengatasi :
Jangan tempatkan laptop anda pada posisi yang tidak rata, usahakan carilah tempat yang datar. Karena sebuah kipas perlu ventilasi untuk keluar masuknya udara agara kinerja kipas dalam mendinginkan laptop anda optimal . jika tidak processor anda akan kekurangan udara alhasil laptop pun semakin panas.

4. Pasta pendingin ( thermal paste ) kering

Thermal paste adalah sebuah krim yang di letakkan di atas sebuah processor ( diantara processor dan fan ) yang berfungsi untuk membantu kinerja fan dalam mendinginkan sebuah processor. Terkadang user tidak mengecek apakah thermal paste masih atau tidak. Jika sudah mengering alangkah baiknya segera di ganti karena jika proses pendinginan processor tidak optimal hal ini bisa menyebabkan kualitas kinerja pada processor anda.

Cara Mengatasi :
Lakukan pemeriksaan berkala terhadap thermal paste di processor anda. Jika anda menemui pasta sudah mengering. Segera lakukan penggantian agar kinerja laptop optimal

Mungkin hanya itu yang dapat saya bagikan tentang caraa ampuh mengatasi laptop yang cepat panas. Semoga tips dan trik di atas bisa membantu permasalahan pada laptop anda dan menambah pengetahuan anda. Semoga setelah membaca artikel ini anda mulai menjaga kondisi laptop. Terim kasih






EmoticonEmoticon