Jumat, 28 Juli 2017

Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop atau Notebook Berkedip

Tags

Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop atau Notebook Berkedip


Selamat siang sobat blogger, kali ini saya akan bagikan pengalaman saya saat memiliki notebook yang berkedip pada layarnya. Hal ini saya rasakan pada notebook pemberian dari guru saya. Pada awalnya terasa biasa saja namun lama kelamaan saat di pakai layar berkedip dan banyak terdapat semut lewat. Hal ini membuat kepala pusing karena melihat tampilan yang kurang jelas. Kemudian oleh teman saya dicek vga dan pada flexibelnya namun tidak memberikan pengaruh sama sekali, alhasil notebook masih berkedip.

Jika anda mempunyai sebuah pekerjaan dan membutuhkan laptop atau notebook sebagai penunjangnya sedangkan perangkat itu bermasalah maka akan sangat menggangu sekali dalam pekerjaan anda. Nah jika anda mempunyai masalah yang sama tetapi belum mempunyai budget yang cukup untuk di bawa ke tukang service, ada baiknya silahkan simak ulasan berikut dan cek pada bagian yang menurut anda bermasalah. Oke langsung saja berikut adalah beberapa faktor penyebab tampilan layar pada laptop atau notebook anda berkedip :

Cara Mudah Mengatasi Layar Laptop atau Notebook Berkedip

1. VGA CARD

Adalah sebuah kartu grafis pada perangkat yang membantu dalam hal menampilkan sebuah tampilan pada layar monitor anda. Jika kualitas dari VGA card anda bagus maka tampilan yang keluar pada monitor anda berkualitas baik, sedangkan jika VGA card anda berkualitas rendah atau minta di ganti maka tampilan monitor menurun kualitasnya. VGA juga bisa jadi sebagai faktor penyebab layar berkedip karena VGA anda tidak mampu menampilkan grafis yang diberikan user secara optimal.

Alangkah baiknya jika anda menjalankan sebuah game atau aplikasi berat sedangkan VGA anda berukuran kecil sebaiknya di hindari, hal ini dikarenakan sangat menyiksa VGA anda karena membebani kinerja VGA itu sendiri.

2. Kabel VGA card rusak

Selain VGA card, anda juga harus memeriksa keadaan kabel VGA pada perangkat anda. Bisa jadi masalah layar monitor anda berkedip disebabkan oleh kabel yang kurang kencang bahkan telah rusak. Sehingga kabel sudah saatnya untuk diganti. Hal ini dilakukan agar layar monitor anda dapat menampilkan grafis yang optimal lagi.

Untuk mengecek kabel bisa dengan menggunakan perangkat komputer yang lain atau pinjam milik teman anda. Hal ini untuk mengecek apakah memang benar kerusakan bersumber dari kabel VGA atau tidak, karena jika ternyata tidak tetapi anda sudah membelinya hanya membuang uang saja.

3. Suhu pada processor terlalu panas

Mungkin ana sering menyiksa perangkat anda dengan bermain game berat atau menjalankan aplikasi grafis yang berat dalam jangka waktu yang lama. Wajar saja jika saat menjalankan tersebut anda merasa kok layar saya berkedip sendiri. Hal ini dikarenakan suhu pada processor anda sedang panas. Jika anda hendak menjalankan apliasi atau game dalam jangka waktu yang lama alangkah baiknya menambah cooling pad atau kipas external pada perangkat anda untuk membantu dalam penurunan panas pada processor anda dan sehingga tidak begitu membebani kinerja processor.

Tips Mengatasi Layar Monitor Berkedip

Ini adalah cara yang yang digunakan teman saya untuk mengatasi masalah layar berkedip dan hasilnya alhamdulillah berhasil. Namun jika anda ingin mencobanya silahkan coba semua cara dibawah pasalnya belum tentu berhasil juga jika anda hanya mencoba satu cara pada laptop anda. Berikut adalah beberapa caranya :

1. Mengecek kabel

Point pertama yang anda lakukan adalah cek kabel terlebih dahulu, karena sebagian besar layar berkedip karena kabel yang kurang kencang (kendor) dan bisa jadi sudah tidak layak pakai. Namun setelah anda kencangkan tetapi permasalahan layar monitor masih berkedip anda bisa membawa ke service center resmi atau tukang service yang sudah anda percaya. Kalau tukang service sudah mengecek dengan kabel lain dan bisa, anda harus mengganti kabel.

2. Cek VGA card

Point kedua silahkan cek kondisi VGA card anda apakah masih bisa dipakai atau tidak, jika anda belum mapu mengecek sendiri bisa di bawa ke service center resmi atau tukang service yang sudah anda percaya. Jika mereka mengatakan VGA anda sudah usang dan tidak layak pakai. Anda harus mengganti dengan yang baru ataupun masih layak untuk dipakai.

3. Menurunkan suhu Processor

Point ketiga yang bisa nada coba adalah mendinginkan atau menurunkan suhu processor agar dapat bekerja secara optimal. Seperti saya singgung diatas, anda bisa menambahkan cooling pad atau kipas external sebagai alat untuk membantu menurunkan suhu processor.
Setelah anda coba beberapa cara di atas mungkin layar monitor anda tidak akn berkedip lagi, tetapi jika masih sama tidak ada perbedaan, anda harus membawannya dan berkonsultasi pada orang yang ahli dan paham tentang perangkat laptop.


Mungkin cukup sekian yang saya sampaikan. Semoga dapat membantu anda mencari solusi yang tepat dalam menangani monitor anda berkedip. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon