Jumat, 24 November 2017

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ45

Tags


Selamat siang teman-teman TKJ di seluruh Nusantara. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang pengertian dan fungsi konektor RJ45. Bagi teman-teman TKJ RJ45 merupakan kata yang tidak asing lagi di dengar. Kalian pasti pernah melihat bentuk RJ45, memegang dan raktek menggunakan RJ45.

Di dalam sebuah jaringan, terdapat sebuah alat penghubung antar atau ke komponen lain agar dapat bekerja secara optimal yang disebut RJ. RJ kependekan dari Register Jack adalah peralatan pada jaringan yang berfungsi untuk mengatur instalasi atau pemasangan konektor kabel.

Pengertian dan Fungsi Konektor RJ45

Pengertian Konektor RJ45

Peralatan satu ini merupakan salah satu peralatan yang sangat populer di dunia jaringan internet. Konektor RJ45 adalah konektor kabel ethernet yang digunakan dalam sebuah jaringan. biasanya terdapat pada ujung kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) yang berfungsi menghubungkan ke pemancar penerima atau yang sering disebut transceiver. Konektor ini bisa digunakan untuk menghubungakan beberapa jaringan. Semisal mau digunakan untuk menghubungkan dua jaringan, maka Anda harus menggunakan rangkaian kabel crossover. Sedangkan jika lebih dari dua jaringan maka gunakan kabel straight trough sebagai penghubungnya.

Fungsi Konektor RJ45

Fungsi Konektor RJ45 yaitu sebagai penghubung atau konektor kabel ethernet yang digunakan dalam jaringan. Sebelum melakukan pemasangan konektor RJ45, kabel UTP terlebih dahulu di susun sesuai pin. Mau melakukan susunan crossover atau straight.

Nah itulah sedikit artikel berkaitan dengan pengertian dan  fungsi konektor RJ45. Semoga menambah wawasan saya dan teman-teman di dunia jaringan komputer. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon