Jumat, 24 November 2017

Pengamatan yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Server

Tags


Anda mau membangun server? Eits, jangan buru-buru membangun tanpa menganalisis terlebih dahulu. Anda harus mengetahui terlebih dahulu server seperti apa yang akan dibutuhkan. Seperti contoh, penentuan kebutuhan sistem operasi jaringan dapat diketahui dengan cara menganalisa user yang akan menggunakan sistem tersebut. Anda harus memilih sistem yang dapat menjalankan segala macam kebutuhan yang di butuhkan oleh pengguna. Juga memperhitungkan perangkat keras yang berfungsi sebagai pendukung dalam menjalankan sebuah server.

Nah jika Anda mencari bagaimana cara menganalisa yang tepat sebelum membangun server, teppat sekali karena saat ini saya akan berbagi artikel tentang cara menganalisa yang tepat sebelum membangun server. Berikut adalah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum membangun server.

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Server

1. Aktivitas yang akan dilakukan
Analisa pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apakah kinerja dari server yang kita bangun itu berat, sedang atau ringan. Jika Anda sudah mempunyai gambaran tentang kinerja server seperti apa maka hal berikutnya kita bisa lebih mudah dalam menentukan kebutuhan perangkat keras yang akan digunakan sebagai fasilitas pendukung.

2. Memilih Hardware yang Tepat
Setelah selesai menganalisa kinerja yang akan di jalankan server, maka langkah selanjutnya adalah memilih hardware. Dalam melakukan pemilihan harus bijak dan sesuai dengan aktivitas yang akan Anda lakukan nantinya. Karena jika tidak sesuai, semisal membangun sebuah server dengan spesifikasi sangat tinggi tetapi kinerja yang dilakukan server cenderung ringan.

3. Jumlah pengguna
Banyak atau sedikit pengguna yang nantinya akan menggunakan server juga harus diperhitungkan. Agar saat server sudah dibangun dapat bekerja optimal sesuai yang di harapkan.  Ada sebuah rumus yang dapat digunakan untuk menghitung pengguna yang sangat banyak pada server. Gunakan rumus berikut :

4. Skalabilitas
Langkah selanjutnya adalah menentukan skema jaringan, membagi sumber daya alam yang tepat, dan alokasi cadangan yang diperlukan dalam membangun sebuah server.  Teknologi yang digunakan dalam server pun harus selalu mengikuti perkembangan zaman.

5. Titik Penyebaran
Menganalisa titik penyebaran yang nantinya akan digunakan oleh user. Jika titik tersebut hanya satu lokasi yang berdekatan dengan server, dengan satu server saja mungkin sudah cukup. Namun, jika lokasi titik penyebaran user berbeda-beda bahkan lokasinya berjauhan dan tidak dijangkau server maka Anda harus menambah server lagi. Solusinya adalah menggunakan server sekunder. Dengan memanfaatkan server sekunder ini penyampaian informasi atau data user yang lokasinya berjauhan dari server akan lebih terjamin,

6. Software
Sama halnya dalam pemilihan hardware atua perangkat keras, dalam membangun server Anda juga harus memperhitungkan dengan bijak saat pemilihan software. Dalam memilih software pilihlah yang berkualitas, handal, dan mampu memberikan keamanan yang bagus bagi server Anda.

Nah itulah beberapa cara yang harus dilakukan sebelum membangun server. Kesimpulan, analisa yang tepat ini sangatlah penting agar server yang Anda bangun nanti dapat bekerja optimal. Mungkin hanya ini yang dapat saya tuliskan. Semoga bermanfaat. Terima kasih


EmoticonEmoticon