Jumat, 03 Februari 2017

Meninjau Mikrotik Sebagai Gateway di Internet Lengkap

Tags

Selamat Siang, kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya pelajari di sekolah mengenai Setting Mikrotik sebagai Gateway di Internet.
Mikrotik sebagai gateway adalah salah satu konfigurasi yang paling sering ditemui selain sebagai manajemen bandwidth. Mikrotik sebagai gateway maksudnya adalah router mikrotik dimanfaatkan sebagai pintu gerbang tempat keluar masuknya paket dari dan ke internet, jadi semua paket akan dilewatkan melalui Mikrotik. Topologi yang digunakan pada jaringan model ini sangat sederhana, karena konfigurasi ini juga adalah konfigurasi dasar bagi seseorang yang ingin belajar tentang Mikrotik. Setiap orang yang ingin belajar tentang Mikrotik harus bisa melakukan konfigurasi ini. Berikut gambar yang saya buat untuk menggambarkan topologinya.

1. Siapkan alat dan bahan. seperti Jaringan internet, PC, Mikrotik dan Kabel.

2. Rancang topologi yang akan anda buat jaringan. Contoh gambar topologi saya sebagai berikut :




Berikut adalah proses instalasi jaringanya :

1. Login ke router mikrotik menggunakan winbox, untuk login pertama kali menggunakan winbox menggunakan MAC Address router, karena IP Address belum dikonfigurasi sebelumnya.



2. Pada menu login diketikan user admin, dengan password kosong kemudian klik pada connect, akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini :


3. Langkah berikutnya adalahmereset sistem konfigurasi jaringan pada router. dengan perintah :[admin@lab06]> system reset-configuration seperti gambar berikut.


4. Router akan mereboot otomatis, setelah router aktif . login kembali lalu klik reset configuration seperti gambar.


5. Tentukan IP ADRESS yang akan kita buat, caranya klik IP>Address>Klik (+). Lalu isi IP pada setiap"ether" nya, klik OK. misal IP dari ISP adalah 192.168.2.5/24 berikut adalah carar settingnya.



6. Misal setting 192.168.10.5/24, IP ini sebagai gateway jaringan lokal.


7. Tambah gateway jaringan, caranya IP > Gateway > Lalu tambah semisal 192.168.2.1. Gateway ini adalah gateway yang diberikan ISP ( gateway jaringan lokal ). jika sudah reachable berarti gateway sudah aktif.


8. Isi DNS, klik IP > DNS. ( Beri tanda centang pada " Allow Remote Requests " ).



9. Isi pada IP > Firewall > NAT. klik icon (+) lalu isi chain, out interface. dan ganti action dengan masquerade.


10. Cek koneksi jaringan yang telah kita buat dengan " ping google.com " di new terminal.



11. Setting IP Local pada PC kita. dengan "ether 2" sebagai IP PC kita.



12. Terakhir dengan cek koneksi ke www.google.com



Sekian materi Mikrotik sebagai gateway di internet semoga bermanfaat :)


EmoticonEmoticon